Minggu, 29 September 2013


MODUL SEJARAH

Mata Pelajaran            : Sejarah
Kelas                           : X (sepuluh)
Semester                      : 1 (ganjil)
Jenjang Sekolah          : SMA
Pertemuan ke              : 4 (2 jampel )

A.           Standar Kompetensi      :
1.       Memahami prinsip dasar ilmu sejarah.
B.            Kompetensi Dasar         :
1.1         Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup ilmu sejarah
C.            Tujuan Pembelajaran     :
Siswa dapat menjelaskan secara tertulis dalam bentuk makalah pengertian sumber, bukti, dan fakta sejarahdengan cara berpikir logis.
D.           Indikator                        :
Menjelaskan secara tertulis dalam bentuk makalah tentang pengertian sumber, bukti, dan fakta sejarah dengan cara berpikir logis.
E.            Materi Pembelajaran      :
Pengertian sumber, bukti, dan fakta sejarah.
Dalam kegiatan penelitian sejarah dibutuhkan sumber, bukti, dan fakta sejarah. Hal ini berhubungan dengan kedudukan sejarah sebagai ilmu. Maka agar supaya ilmu sejarah itu sendiri dapat dipercaya kebenarannya harus didukung oleh sumber, bukti, dan fakta sejarah. Karena dari sumber, bukti, dan fakta sejarah akan diperoleh sejumlah informasi mengenai kejadian-kejadian yang pernah terjadi pada masa lalu.



Peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia, merupakan peristiwa bersejarah. Maka harus didukung oleh naskah teks proklamasi, bendera pusaka, foto. Lihat contoh dibahawah ini :
1.        Pengertian sumber sejarah
Sumber adalah sekumpulan informasi yang dapat memberikan keterangan-keterangan mengenai terjadinya peristiwa. Jika dilihat dari sifatnya maka ada sumber primer dan sumber sekunder. Tetapi jika dilihat dari bentuknya, maka ada tiga macam sumber, yaitu :
a)         Sumber tulisan adalah sumber yang berbentuk tertulis yang berisi informasi tentang terjadinya suatu peristiwa. Yang termasuk sumber tulisan yaitu prasasti, naskah, buku, dokumen tertulis, arsip, gambar dan foto.
b)        Sumber lisan adalah keterangan-keterangan lisan yang diperoleh dari para pelaku dan saksi terjadinya peristiwa. Contohnya rekaman pidato dan video.
c)         Sumber benda adalah sumber yang berbentuk artefak atau benda-benda peninggalan bersejarah yang ditemukan disuatu tempat. Coba kalian perhatikan gambar dibawah ini :

Contoh sumber benda adalah candi, benteng, patung, senjata, gedung, monumen, kendaraan, perhiasan dan sebagainya.
1.        Pengertian bukti sejarah
Bukti sejarah adalah peninggalan-peninggalan yang berhubungan dengan hasil kegiatan manusia pada masa lalu yang mendukung kebenaran dari terjadinya suatu peristiwa. Bukti sejarah itulah yang didalamnya terdapat data yang dapat memberikan informasi penting untuk mengungkap terjadi peristiwa. Bukti sejarah ada yang bentuknya tertulis dan ada yang tidak tertulis. Bukti tertulis contohnya adalah prasasti, naskah, buku, dokumen tertulis, arsip, gambar dan foto. Sedangkan bukti tidak tertulis contohnya adalah candi, benteng, patung, senjata, gedung, monumen, kendaraan, perhiasan, rekaman pidato dan video dan sebagainya.
2.        Pengertian fakta sejarah
Fakta sejarah adalah data atau bukti sejarah yang telah diverifikasi dan diintepretasi. Fakta-fakta sejarah tersebut kemudian digunakan sebagai dasar untuk penulisan sejarah.
Dilihat dari dari sifatnya maka fakta sejarah dapat dibedakan menjadi dua yaitu :
a)         Fakta keras atau hard fact adalah fakta yang sudah pasti dapat diterima kebenarannya dan tidak perlu diperdebatkan lagi. Contoh : pada tanggal 17 Agustus 1945 Sukarno-Hatta atas nama bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaan.
b)        Fakta lunak atau soft fact yaitu fakta yang masih memerlukan bukti yang lebih kuat lagi agar dapat diyakini kebenarannya. Contoh : Letak kerajaan Sriwijaya yang sampai saat ini belum dapat dipastikan kebenarannya dan masih diperdebatkan lagi.
Dilihat dari dari wujudnya maka fakta sejarah dapat dibedakan menjadi dua yaitu :
a)         Fakta mental adalah fakta yang bersifat abstrak seperti perasaan, pandangan dan keyakinan. Contohnya memberikan sesaji, ritual pemujaan terhadap penguasa laut selatan, upacara pemakaman
b)        Fakta sosial adalah konteks hubungan antar manusia dan situasi masyarakat pada saat peristiwa itu terjadi. Contoh : kondisi sosial masyarakat Indonesia pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudoyono akibat sering naik turunnya nilai tukar rupiah terhadap dolla Amerika Serikat.
A.           Soal-soal latihan
1)        Sekumpulan informasi yang dapat memberikan keterangan-keterangan mengenai terjadinya peristiwa, merupakan pengertian dari ...
a)         Sumber sejarah
b)        Fakta sejarah
c)         Data sejarah
d)        Peristiwa sejarah
e)         Informasi sumber sejarah
2)        Prasasti, naskah, buku, dokumen tertulis, arsip, gambar dan foto, merupakan sumber tertulis yang berbentuk ...
a)      Lisan
b)      Benda
c)      Tulisan
d)     Lisan
e)      Fakta
3)        Keterangan-keterangan lisan yang diperoleh dari para pelaku dan saksi terjadinya peristiwa termasuk ...
a)         Sumber benda
b)        Sumber lisan
c)         Sumber tertulis
d)        Rekaman pidato
e)         Video
1)        Perhatikan gambar pada sebelah kanan soal. Candi Prambanan sebagai salah satu peninggalan bersejarah termasuk sumber ...
a)         Tulisan
b)        Lisan
c)         Primer
d)        Sekunder
e)         benda

2)        Peninggalan-peninggalan yang berhubungan dengan hasil kegiatan manusia pada masa lalu yang mendukung kebenaran terjadinya suatu peristiwa, merupakan pengertian dari ...
a)         data sejarah
b)        sumber sejarah
c)         artefat sejarah
d)        bukti sejarah
e)         fakta sejarah
3)        Pada tanggal 17 Agustus 1945 Sukarno-Hatta atas nama bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaan, fakta tersebut merupakan contoh dari ...
a)         Fakta lunak
b)        Fakta mental
c)         Fakta keras
d)        Fakta sosial
e)         Fakta sejarah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar