Minggu, 29 September 2013

Pengertian sumber, bukti, dan fakta sejarah.


1.        Pengertian sumber sejarah
Sumber adalah sekumpulan informasi yang dapat memberikan keterangan-keterangan mengenai terjadinya peristiwa. Jika dilihat dari sifatnya maka ada sumber primer dan sumber sekunder. Tetapi jika dilihat dari bentuknya, maka ada tiga macam sumber, yaitu :
a)         Sumber tulisan adalah sumber yang berbentuk tertulis yang berisi informasi tentang terjadinya suatu peristiwa. Yang termasuk sumber tulisan yaitu prasasti, naskah, buku, dokumen tertulis, arsip, gambar dan foto.
b)        Sumber lisan adalah keterangan-keterangan lisan yang diperoleh dari para pelaku dan saksi terjadinya peristiwa. Contohnya rekaman pidato dan video.
c)         Sumber benda adalah sumber yang berbentuk artefak atau benda-benda peninggalan bersejarah yang ditemukan disuatu tempat. Coba kalian perhatikan gambar dibawah ini :



Mata Pelajaran            : Sejarah
Kelas                           : X (sepuluh)
Semester                      : 1 (ganjil)
Jenjang Sekolah          : SMA
Pertemuan ke              : 4 (2 jampel )

A.           Standar Kompetensi      :
1.       Memahami prinsip dasar ilmu sejarah.
B.            Kompetensi Dasar         :
1.1         Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup ilmu sejarah
C.            Tujuan Pembelajaran     :
Siswa dapat menjelaskan secara tertulis dalam bentuk makalah pengertian sumber, bukti, dan fakta sejarahdengan cara berpikir logis.
D.           Indikator                        :
Menjelaskan secara tertulis dalam bentuk makalah tentang pengertian sumber, bukti, dan fakta sejarah dengan cara berpikir logis.
E.            Materi Pembelajaran      :
Pengertian sumber, bukti, dan fakta sejarah.
Dalam kegiatan penelitian sejarah dibutuhkan sumber, bukti, dan fakta sejarah. Hal ini berhubungan dengan kedudukan sejarah sebagai ilmu. Maka agar supaya ilmu sejarah itu sendiri dapat dipercaya kebenarannya harus didukung oleh sumber, bukti, dan fakta sejarah. Karena dari sumber, bukti, dan fakta sejarah akan diperoleh sejumlah informasi mengenai kejadian-kejadian yang pernah terjadi pada masa lalu.
Peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia, merupakan peristiwa bersejarah. Maka harus didukung oleh naskah teks proklamasi, bendera pusaka, foto. Lihat contoh dibahawah ini :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar